Bayangan di Mata seperti Cacing, Apakah Bahaya?

Pernahkah Kamu memperhatikan sesuatu yang melayang atau bayangan di mata Kamu? Ini mungkin terlihat seperti cacing kecil atau gumpalan transparan, dan setiap kali Kamu mencoba untuk melihat lebih dekat, itu menghilang, hanya untuk muncul kembali segera setelah Kamu mengalihkan pandangan Kamu. Tapi jangan pergi coba untuk membilas mata! Apa yang Kamu lihat adalah fenomena umum yang dikenal sebagai floater.

Bayangan di mata seperti cacing, Apakah itu?

bayangan di mata seperti cacing

Nama ilmiah untuk benda-benda yang membuat bayangan di mata kita adalah Muscae volitantes, bahasa Latin untuk “lalat terbang”, dan sesuai dengan namanya, mereka bisa agak mengganggu.

Tapi mereka sebenarnya bukan bug atau objek eksternal apa pun. Sebaliknya, mereka ada di dalam bola mata Kamu. Floaters mungkin tampak hidup, karena mereka bergerak dan berubah bentuk, tetapi sebenarnya mereka tidak hidup.

Apa itu floaters?

Floaters adalah benda kecil yang memberikan bayangan di mata, tepatnya pada retina, jaringan peka cahaya di bagian belakang mata Kamu. Floaters mungkin, sel darah merah, potongan-potongan jaringan ataupun juga gumpalan protein.

Dan karena mereka tersuspensi dalam humor vitreous, cairan seperti gel yang mengisi bagian dalam mata Kamu, floaters melayang bersama dengan gerakan mata Kamu, dan tampaknya sedikit memantul ketika mata Kamu berhenti.

Floaters mungkin hampir tidak dapat dibedakan hampir sepanjang waktu. Mereka menjadi lebih terlihat semakin dekat ke retina, seperti halnya memegang tangan Kamu lebih dekat ke meja dengan lampu di atas kepala akan menghasilkan bayangan yang lebih tajam. Dan floaters sangat terlihat ketika Kamu melihat permukaan yang cerah seragam, seperti layar komputer kosong, salju, atau langit cerah, di mana konsistensi latar belakang membuatnya lebih mudah untuk dibedakan.

Semakin terang cahayanya, semakin banyak pupil Kamu berkontraksi. Ini memiliki efek yang mirip dengan mengganti lampu besar yang menyebar dengan satu bola lampu di atas kepala, yang juga membuat bayangan di mata tampak lebih jelas. Ada fenomena visual lain yang mirip dengan floaters tapi sebenarnya tidak ada hubungannya.

Jika Kamu pernah melihat titik-titik kecil cahaya melesat ketika melihat langit biru cerah, Kamu telah mengalami apa yang dikenal sebagai fenomena entoptik medan biru. Dalam beberapa hal, ini adalah kebalikan dari melihat floaters. Di sini, Kamu tidak melihat bayangan tetapi jendela kecil yang bergerak membiarkan cahaya masuk ke retina Kamu. Jendela sebenarnya disebabkan oleh sel darah putih yang bergerak melalui kapiler di sepanjang permukaan retina Kamu.

Leukosit ini bisa menjadi sangat besar dan tampak hampir memenuhi kapiler yang menyebabkan ruang plasma terbuka di depannya. Dikarenakan ruang dan juga sel darah putih lebih transparan terhadap cahaya biru dibandingkan sel darah merah yang biasanya ada di kapiler, kita melihat titik cahaya yang bergerak di mana pun ini terjadi, mengikuti jalur kapiler Kamu dan bergerak sesuai waktu dengan denyut nadi Kamu.

Dalam kondisi tampilan yang ideal, Kamu bahkan mungkin melihat apa yang tampak seperti ekor gelap mengikuti titik. Ini adalah sel darah merah yang telah berkumpul di belakang leukosit. Beberapa museum sains memiliki pameran yang terdiri dari layar cahaya biru, memungkinkan Kamu untuk melihat sprite langit biru ini jauh lebih jelas daripada biasanya. Sementara mata semua orang mengalami efek semacam ini, jumlah dan jenisnya sangat bervariasi.

Apakah floater berbahaya?

Dalam kasus floaters, mereka sering tidak diperhatikan, karena otak kita belajar untuk mengabaikannya. Namun, floaters besar atau banyak yang tidak normal yang mengganggu penglihatan mungkin merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius, yang memerlukan perawatan medis segera.

Tetapi sebagian besar fenomena entoptik waktu, seperti floaters dan sprite langit biru, hanyalah pengingat lembut bahwa apa yang kita pikir kita lihat bergantung pada biologi dan pikiran kita seperti halnya pada dunia luar.

Penutup

Mulai sekarang jangan khawatir lagi ya kalau ada bayangan di mata kamu, atau ada seperti cacing di mata kamu. Itu bukan hal yang sangat berbahaya dan otak kamu juga akan belajar mengabaikannya, jadi kamu akan mulai terbiasa dan tidak terganggu lagi. Kecuali, sudah tampak begitu besar dan mengganggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kunjungi artikel tuturilmu lainnya yang membahas mengenai pengetahuan ya teman-teman, agar kamu semakin banyak mengetahui hal yang selama ini tidak kamu ketahui. Terimakasih.

Tinggalkan komentar