2 Cara Cek GPU HP Android Dengan Mudah

Bagi para gamers, tentu banyak hal yang diperhatikan saat ingin membeli smartphone guna memainkan game, salah satunya adalah GPU. Lalu, bagaimana cara cek GPU HP dengan mudah supaya dapat mendukung game yang hendak kita mainkan? Berikut akan tuturilmu bahas lebih lengkap.

Apa itu GPU

Graphical Processing Unit (GPU) merupakan alat dari HP Android kamu yang berfungsi untuk memproses gambar, dan bertanggung jawab atas gambar yang kamu lihat dilayar. Baik di komputer ataupun smartphone konsumen maupun bisnis, GPU telah menjadi salah satu jenis teknologi komputasi yang paling penting.

GPU, yang dibuat untuk pemrosesan paralel, digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk rendering grafik dan video. GPU menjadi lebih populer untuk digunakan dalam produksi kreatif dan kecerdasan buatan (AI), meskipun penggunaannya paling terkenal dalam game.

Maka dari itu, apabila kamu ingin membeli HP dengan tujuan untuk bermain game, GPU merupakan hal yang perlu untuk kamu perhatikan. Dan juga kamu harus tau bagaimana cara cek GPU HP supaya kamu tidak salah paham antara GPU dan juga CPU yang tentu berbeda.

Jenis-jenis GPU Smartphone

Setelah tau cara cek GPU HP, apa kamu tahu jenis-jenis GPU apa saja ? GPU yang paling umum kita dengar adalah Adreno, Ya memang Adreno memiliki kemampuan yang sangat baik dan sering digunakan pada smartphone High-End.

Akan tetapi ada beberapa GPU lain yang tidak kalah dalam hal performa, apa sajakah itu? Berikut adalah jenis-jenis GPU Smartphone, yang harus kamu ketahui agar kamu tidak selalu menjadi pemuja Adreno.

1. PowerVR

Imagination Technologies adalah pemilik PowerVR dan melisensikan chipsetnya ke berbagai perusahaan, termasuk Apple, MediaTek, Samsung, Intel, Spreadtrum, dan lainnya. GPU PowerVR juga digunakan di Apple iPhone hingga Apple A10 Fusion SOC, masih meragukannya?

Prosesor grafis PowerVR memberikan solusi mutakhir, hemat energi, dan serbaguna untuk semua jenis pemrosesan multimedia, termasuk grafis 3D dan 2D, serta komputasi GPU performa tinggi, semuanya dalam satu mesin terpadu.

2. ARM Mali

ARM Mali merupakan GPU yang dikeluarkan oleh Arm Holdings, saat ini GPU Mali terbaru adalah Mali-G710 yang menyempurnakan pengalaman bermain game, hemat daya, dan juga pengalaman pengguna.

Untuk Huawei Nova 5T yang admin gunakan saat ini sendiri menggunakan Mali-G76, dan pengalaman admin bermain game PUBG bisa settingan Smooth-Extreme atau rata kanan dengan sangat mulus, tetapi kalau sudah agak panas performa menurun sedikit.

3. Apple Bionic

Apple Bionic GPU memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi dalam hal bermain game, semua pro player menggunakan iPhone agar tidak terjadi lag saat tournament.

Dan hingga saat ini, A14 Bionic’s GPU masih menduduki urutan pertama pada peringkat GPU terbaik, dengan skor 134,8 dan diikuti oleh Adreno 660 dengan skor 131,1. Pokoknya ini GPU sudah tidak diragukan lagi.

4. Adreno

Ayo merapat para pemuja Adreno, yayaya sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kalian, A-D-R-E-N-O. Adreno merupakan GPU yang dirancangkan langsung oleh Qualcomm dan digunakan khusus pada pada Processor Snapdragon buatan mereka.

Pada tahun 2021 ini, Adreno menduduki urutan 2 dengan performa GPU terbaik, dan itu jatuh pada Adreno 660 dengan selisih hanya sekitar 3 angka dari Apple A14 Bionic’s.

Cara cek GPU HP Android

Cara cek GPU dengan mudah

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis GPU, sekarang tuturilmu akan membahas bagaimana cara cek GPU HP, khususnya bagi kamu pengguna HP Android. Untuk cara cek GPU HP ada 2 cara, yaitu melalui website GsmArena.com dan melalui aplikasi CPU-Z.

1. Melalui website GsmArena

Untuk cara cek GPU HP melalui Gsmarena cukup mudah, yang perlu kita ketahui hanyalah Tipe dari smartphone yang kita gunakan, contohnya Admin menggunakan Huawei Nova 5T, untuk cara ceknya adalah sebagai berikut:

  • Buka website GsmArena.com
  • Lalu pada pencarian ketik tipe HP kamu

cek gpu gsm arena

  • Setelah itu klik HP yang kamu ingin cek
  • Dan geser kebawah, lihat pada bagian Platform – GPU

Cek GPU Gsmarena

  • Maka akan ada jenis GPU dari HP yang kamu gunakan

2. Melalui Aplikasi CPU-Z

Kalau kamu lagi gak ada kuota, atau lagi malas buka-buka website klik sana klik sini, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk cek GPU, yaitu CPU-Z. Dan untuk cara cek GPU HP dengan CPU-Z adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka Playstore kamu, dan cari CPU-Z
  • Setelah muncul maka klik instal

cek gpu dengan cpu-z

  • Jika sudah ada aplikasinya kamu bisa skip tahap tersebut
  • Apabila sudah selesai instal buka aplikasi CPU-Z
  • Selanjutnya pada tampilan utama, lihat pada kolom GPU pada bagian bawah

jenis gpu dengan cpu-z

Penutup

Sekian artikel dari tuturilmu, sekarang kamu sudah bisa cek GPU HP android kamu dengan mudah melalui dua cara diatas. Bagaimana caranya? mudah bukan? jangan lupa tinggalkan reaksi kalian atas artikel ini dengan menekan tombol reaksi dibawah ya teman.

Tinggalkan komentar