6 Cara Efektif Belajar Matematika Dengan Cepat

Belajar adalah salah satu kebutuhan yang penting dan diperlukan bagi pelajar, dengan belajar siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sehingga dapat lebih mudah memahami pelajaran. Namun banyak sekali masih sekeliling kita, pelajar sangat sulit dan malas dalam belajar.

Khususnya matematika, sangat penting untuk mengetahui cara efektif belajar matematika agar mudah dan dapat diterima dengan baik. Berikut tuturilmu akan membahas mengenai 6 Cara Efektif Belajar Matematika.

Belajar Matematika? Kenapa Tidak!

Ada banyak alasan yang membuat siswa atau pelajar mengalami malas dan kesulitan dalam belajar diantara lain adalah tidak ada support, merasa kurang memahami materi hingga sulitnya mengakses fasilitas belajar.

Namun tidak banyak juga, ada beberapa pelajar yang menjadikan alasan tidak suka dan tidak memahami salah satu mata pelajaran. Salah satunya adalah mata pelajaran matematika.

Yap, seringkali kita mendengar bahwa Matematika adalah pelajaran yang kurang diminati oleh para pelajar. Bukan tanpa alasan memang, materi yang kebanyakan rumus dan angka membuat para pelajar susah memahami dan mengerti mengenai Matematika.

Namun seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Sebenarnya Matematika adalah mata pelajaran yang cukup mengasyikan jika kita dapat memahaminya dengan betul dan mendapatkan cara efektif belajar matematika.

Ada banyak cara sebenarnya untuk memahami dan mengenal Matematika lebih mudah. Tentunya, yang paling pertama adalah kita menanamkan mindset bahwa Matematika bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan dan dihindari.

Cara efektif belajar matematika

Berikut ini tuturilmu menyiapkan, beberapa tips dan trik cara efektif belajar belajar matematika dan mudah dipahami :

1. Membuat Diri Senyaman Mungkin Ketika Belajar dan Rubah Pola Pikir

Membuat diri senyaman mungkin merupakan cara efektif belajar matematika yang paling pertama dan paling mudah untuk dilakukan.

Kita harus membuat ruangan atau diri kita senyaman mungkin misalnya, ketika belajar sendiri dirumah kita bisa belajar Matematika dengan mendengarkan musik yang membuat kita nyaman dan mudah memahami apa tujuan dari materi tersebut, lalu tentukan jam atau waktu ketika kita hendak belajar matematika.

Misalnya kita nyaman dan belajar lebih mudah dipahami ketika malam hari, nah luangkan waktu dimalam hari untuk belajar Matematika. Dan ini yang paling utama, rubah pola pikirmu mengenai Matematika, jika selama ini kamu menganggap Matematika itu sulit dan susah dipahami. Mulai dari sekarang ubah pola pikirmu menjadi Matematika itu lebih menyenangkan, agar cara efektif belajar matematika bisa kamu terima dengan baik.

2. Tulis Rumus-Rumus Matematika Dicatatan Khusus Dengan Semenarik Mungkin

Nah hal ini perlu dilakukan, kamu harus menyiapkan satu buku catatan khusus yang akan kamu gunakan sebagai buku catatan khusus matematika. Lalu catatlah rumus-rumus pelajaran Matematika dengan semenarik mungkin dan membuatmu menyenangkan ketika melihat dan membacanya.

3. Jika Tidak Bisa, Jangan Sesekali Menghapal Rumus Tetapi Cobalah Untuk Memahami Konsep Rumus Tersebut

Nah, setelah kamu mencatat rumus-rumus Matematika yang telah kamu catat dengan rapih dan semenarik mungkin. Sekarang coba buka catatan tersebut kemudian pahami dan kenali konsep rumus tersebut dengan betul-betul. Jika kamu tidak bisa, jangan sesekali menghapal rumus tersebut.

Hal itu akan sia-sia sebenarnya jika kamu hanya menghapal rumus tetapi tidak memahami betul konsep rumusnya. Sebaliknya, jika kamu memahami rumus tersebut dan mengenali konsep rumus itu dengan baik lama-kelamaan apalagi jika kamu terus berlatih menggunakan rumus tersebut. Kamu akan dengan sendirinya hapal rumus tersebut, dan ini merupakan cara efektif belajar matematika yang akan kamu sukai.

4. Pelajari Trik-trik Mudah Mengenai Matematika Di Youtube

Melihat youtube untuk menonton bagaimana trik dan memecahkan soal matematika lebih cepat itu dapat membantumu lebih memahami pelajaran Matematika. Ada banyak channel youtube yang membahas Matematika, mulai dari trik-trik menyelesaikan soal matematika hingga video membahas matematika yang lebih menyenangkan seperti bermain games atau dan lain-lain.

5. Sering Berdiskusi dan Mengerjakan Latihan Soal Matematika Bersama Temanmu

Belajar akan lebih mengasyikan jika bersama-sama, hal ini bisa kamu terapkan. Kamu bisa belajar mengerjakan soal latihan matematika bersama temanmu yang jago matematika. Hal ini dapat kamu lakukan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan mengasyikan tentunya, selain itu kamu juga dapat bertanya-tanya kepada temanmu mengenai materi yang belum kamu pahami.

6. Duduklah Didepan Saat Pelajaran Matematika Berlangsung dan Jangan Sungkan Bertanya Kepada Guru

Cara efektif belajar matematika yang terkahir adalah penempatan posisi kamu saat belajar matematika disekolah. Bukan tanpa alasan, duduk didepan dan duduk dibelakang tentu sangat berbeda.

Ketika kamu mendapatkan pelajaran matematika disekolah, jangan ragu untukmu duduk didepan sekali. Duduk didepan sekali dapat membuatmu lebih focus dalam mendengar materi yang disampaikan oleh gurumu.

Nah ini yang paling penting, ketika ada satu materi yang tidak kamu pahami dan sulit menurutmu. Segeralah untuk bertanya kepada gurumu, guru akan senang hati menjawab pertanyaan dari siswanya.

Jangan sungkan untuk bertanya, karena kebanyakan diantara kita bahwa ketika guru menjelaskan kemudian ia bertanya kepada muridnya apakah materi yang ia sampaikan dapat dipahami, kebanyakan murid menjawab memahami dan mengiyakannya saja tidak peduli meskipun ia tidak memahami dan belum mengerti.

Biasanya hal ini disebabkan karena malu bertanya dan takut, mulai sekarang ayo jangan sia-siakan kesempatanmu belajar, dan segera bertanya apabila ada materi yang belum kamu pahami.

Penutup

Nah itulah artikel dari tuturilmu yang mungkin bisa kamu coba dalam memahami dan mencoba cara efektif belajar matematika dan menyenangkan, sebenarnya kamu tidak dituntut untuk jago matematika akan tetapi alangkah ruginya saja kamu menyia-nyiakan pelajaran yang diberikan dan kamu tidak memahaminya sama sekali.

Mulai sekarang, jangan ragu untuk memahami dan mengenal serta belajar matematika lebih lanjut. Siapa tahu suatu saat nanti kamu memilih Matematika sebagai salah satu jurusanmu ketika kamu lanjut di pendidikan tinggi.

Tinggalkan komentar