Cara Membuat Kartu Keluarga Online dengan Mudah

Cara Membuat Kartu Keluarga Online

tuturilmu.comCara Membuat Kartu Keluarga Online – Kartu keluarga (KK) adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga di Indonesia. KK berfungsi sebagai identitas resmi keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anak yang menjadi tanggungan mereka. Untuk mempermudah proses pembuatan Kartu Keluarga, kini sudah ada cara membuat KK secara online. Berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat Kartu Keluarga online dengan mudah.

 

Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Sebelum membuat Kartu Keluarga online, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti fotokopi akta kelahiran, KTP, dan surat nikah (jika sudah menikah). Pastikan semua dokumen tersebut telah diverifikasi oleh instansi yang berwenang.

 

Kunjungi website resmi Dukcapil

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, selanjutnya kunjungi website resmi Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) di https://dukcapil.kemendagri.go.id/. Pilih layanan cara membuat Kartu Keluarga online pada menu yang tersedia.

 

Buat akun baru

Setelah masuk ke halaman layanan cara membuat Kartu Keluarga online, Anda akan diminta untuk membuat akun baru terlebih dahulu. Isi data diri dengan lengkap dan benar, lalu verifikasi email yang digunakan untuk mendaftar.

 

Isi formulir pendaftaran

Setelah berhasil membuat akun, Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran. Isilah formulir tersebut dengan data yang sesuai dan benar. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah sesuai dengan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan.

 

Unggah dokumen pendukung

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, akta kelahiran, dan surat nikah (jika sudah menikah). Pastikan dokumen yang diunggah sudah benar dan lengkap.

 

Lakukan pembayaran

Setelah dokumen berhasil diunggah, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya administrasi. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank atau e-wallet yang sudah disediakan oleh Dukcapil.

 

Tunggu proses verifikasi

Setelah melakukan pembayaran, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dari Dukcapil. Proses verifikasi ini bisa memakan waktu beberapa hari tergantung pada jumlah permohonan yang masuk.

 

Terima KK online

Jika permohonan Anda dinyatakan diterima, Kartu Keluarga online akan dikirimkan melalui email yang sudah terdaftar pada akun yang dibuat sebelumnya. Kartu Keluarga online ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan KK fisik yang diterbitkan oleh instansi Dukcapil.

 

Dengan cara membuat Kartu Keluarga online, proses pembuatan Kartu Keluarga menjadi lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil untuk mendaftar dan menunggu berjam-jam untuk mengurus KK fisik. Dalam proses pembuatan kartu keluarga (KK) online, dokumen-dokumen yang perlu disiapkan meliputi:

 

  1. KTP atau Surat Keterangan Pindah (SKP) bagi penduduk yang pindah domisili dari daerah lain.
  2. Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir bagi anggota keluarga yang belum memiliki KK.
  3. Surat Nikah atau Surat Tanda Bukti Lapor Nikah bagi anggota keluarga yang sudah menikah.
  4. Surat Keterangan Cerai bagi anggota keluarga yang sudah bercerai.
  5. Surat Keterangan Kematian bagi anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

 

Selain dokumen-dokumen tersebut, terdapat juga persyaratan-persyaratan lain seperti foto diri dan informasi data keluarga yang harus diisi secara lengkap dan benar. Pastikan semua dokumen yang disiapkan telah lengkap dan memenuhi persyaratan agar proses cara membuat Kartu Keluarga online dapat dilakukan dengan lancar.