Demonstrative Pronoun: This, These, That, dan Those Ke Nouns

Kata benda sering sekali muncul dengan deskripsi terlampir, dan banyak yang tidak tahu bagaimana menggunakannya ke demonstrative pronoun. Dalam beberapa bahasa, setiap deskripsi memiliki bentuk tunggal dan juga jamak.

Kamu mungkin beruntung, karena deskripsi dalam bahasa Inggris biasanya mempertahankan bentuk yang sama ketika digabungkan dengan kata benda tunggal (satu) dan jamak (lebih dari satu).

Kamu bisa dengan benar menulis tentang one fine week dan five fine weeks. Deskripsi fine disini tidak akan pernah berubah. Akan tetapi, kamu harus memperhatikan beberapa kata, khususnya Penggunaan Demonstrative Pronoun.

Kata tunggal dan jamak

Sebelum memulai memahami apa itu demonstrative pronoun, kamu harus terlebih dahulu mengerti apa itu kata jamak dan kata tunggal. Secara sederhananya, kata tunggal (singular) itu hanya satu dan kata jamak (plural) itu lebih dari satu. Bagaimana, sampai disini paham? Kalau mash belum berikut contoh agar kamu bisa lebih mudah mengerti:

  • This book (tunggal)
  • These books (jamak)
  • That orange (tunggal)
  • Those oranges (jamak)
  • This country (tunggal)
  • These countries (jamak)
  • That dog (tunggal)
  • Those dogs (jamak)

Seperti yang kamu lihat dalam daftar itu, this dan that berpasangan dengan kata benda tunggal. These dan Those berpasangan dengan kata benda jamak.

Penggunaan Demonstrative Pronoun: This, These, That, dan Those ke Nouns

Tuturilmu juga sering mendengar orang menempelkan kata them ke kata benda (them books them cars). Akan tetapi, dalam bahasa Inggris yang benar, them akan selalu berdiri sendiri dan tidak pernah bergabung dengan kata benda dengan cara ini.

Berikut adalah contoh yang dapat kamu pelajari dari percakapan yang sering sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

  • Salah: Are you still writing them children books?
  • Kok bisa salah? : Kata them tidak pernah melekat pada kata lain. Dalam pertanyaan diatas, them dinyatakan tidak sesuai dengan children books.
  • Benar: Are you still writing those children books?
  • Kok bisa benar? : Those mungkin saja dilampirkan ke kata yang lain. Pada kalimat yang baru, Those dilampirkan ke dalam buku tata bahasa.

Dan penting untuk kamu ketahui, dua kata kecil seperti a dan an, hanya melekat pada kata benda tunggal. Kamu bisa mengatakan a pen atau an orange, dan akan salah besar jika kamu mengatakan a pens atau an oranges karena itu sudah termasuk kata jamak.

Tuturilmu senang memberi tahu kamu bahwa kata umum lain yang melekat pada kata benda, contohnya saja the, berfungsi untuk kata benda tunggal dan juga jamak.

Ini ada sedikit contoh soal this, these, that dan those yang mungkin kamu tertarik untuk mengerjakannya setelah membaca apa yang sudah Tuturilmu jelaskan sebelumnya.

Contoh:

Andi Lim put (this/these) file in (that/those) wardrobe. He locked up all (this/these) doors because all (that/those) important data is secret. Kajip took (them/those) keys and opened (that/those) wardrobes. She was very interested in (this/these) file about their wedding.

Berikut adalah kata-kata yang harus kamu garis bawahi, bersama dengan kata-kata yang sudah tuturilmu lampirkan: this files, that wardrobe, these door, that important data, those keys, those wardrobe, this file. Kata benda tunggal (wardrobe, file, important data) berpasangan dengan kata-kata tunggal ini: this, that. Kata benda jamak (doors, keys, wardrobes) berpasangan dengan kata jamak ini: these, those.

Penutup

Sebenarnya ini cukup sederhana dan mudah, hanya saja mungkin beberapa dari kamu ada yang masih belum paham. Dan setelah membaca artikel ini apakah kamu sudah mengerti bagaimana menggunakan Demonstrative Pronoun: This, These, That, dan Those Ke Nouns?

Tinggalkan komentar