Perbedaan Narrative Text dan Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Narrative dan Recount text sebenarnya punya tujuan yang sama yakni menjelaskan, menggambarkan, dan menceritakan kembali sebuah peristiwa yang sudah terjadi. Berhubung kedua jenis teks ini memiliki tujuan yang sama, sehingga banyak orang yang bingung mengenai Perbedaan Narrative Text dan Recount Text.

Ketika baru memulai untuk belajar Bahasa Inggris, daftar jenis-jenis text dalam Bahasa Inggris yang wajib diketahui dua di antaranya adalah Narrative Text dan Recount Text. Sebenarnya, apa itu dan apa saja Perbedaan Narrative Text dan Recount Text?

Perbedaan Narrative Text dan Recount Text

Apa perbedaan kedua text ini? Sebelum membahas Perbedaan Narrative Text dan Recount Text ada baiknya untuk mengetahui pengertian dan contoh secara spesifik dari kedua jenis teks ini.

Pengertian Narrative Text

Narrative text

Dalam bahasa Inggris, Narrative Text adalah jenis teks dalam bentuk imajinasi yang biasanya digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa atau cerita yang terdiri dari serangkaian peristiwa kronologis yang terhubung. Dengan menggunakan Narrative Text, berarti dimaksudkan untuk menghibur pembaca dengan menggambarkan cerita.

Narrative text sendiri, bisa dikenali lewat ciri-ciri isi dan struktur teks.

Ciri-ciri Narrative Text

  1. Banyak menggunakan Action Verb.
  2. Menggunakan noun khusus sebagai kata ganti orang.
  3. Biasanya menggunakan Adjective yang akan membentuk Noun Phrase.
  4. Banyak menggunakan Conjunction.

Struktur Narrative Text

  1. Orientation. Berisi sebagai pembuka teks. Di dalamnya juga ada set adegan yang berusaha penulis rangkai, agar menjadi plot awal yang mengarah ke plot selanjutnya secara baik dan mulus.
  2. Complication. Berisi tentang masalah yang mulai muncul sampai mencapai klimaks.
  3. Resolution. Berisi tentang penyelesaian masalah yang ada atau biasa juga disebut sebagai bagian ending.

Contoh narrative text seperti pada kisah Cinderella dan kisah-kisah yang mirip lainnya.

Long ago in the kingdom of heaven, there were seven very beautiful princesses. Their names were taken from the names of flowers: roses, dahlias, cempaka, capes, memories, sandalwood, and the youngest jasmine. they each have different preferences. The most prominent of them is the youngest, Jasmine. 7 princesses in the kingdom of heaven. – Contoh Narrative text

Pengertian Recount Text

Recount text

Recount text sendiri berbanding terbalik dengan narrative text. Kalau narrative text adalah text dengan bentuk imajiner (khayalan penulis/pencerita) berbeda dengan recount text yang bentuknya berupa fakta dan benar-benar terjadi. Dilihat saja berdasarkan nama teksnya yakni recount yang berarti menceritakan.

Jadi, recount text adalah text yang berisi cerita ulang atau kisah masa lampau dari sebuah kejadian yang benar-benar terjadi di kehidupan sehari-hari.
Untuk lebih dapat memahami perbedaan Narrative text dan Recount text, perhatikan ciri-ciri dan struktur dari recount text berikut.

Ciri-ciri Recount Text

  1. Banyak menggunakan past tense.
  2. Menggunakan adverbial phrase atau biasa disebut dengan keterangan waktu dan tempat.
  3. Menggunakan banyak konjungsi masa lampau.

Struktur Recount Text

  1. Orientasi. Seperti yang sudah-sudah, orientasi adalah bagian awal yang pada recount text ini, berisi informasi awal seputar jawaban dari pertanyaan di mana, siapa, dan mengapa.
  2. Events. Di bagian ini, berisi jawaban secara mendetail dari pertanyaan awal tentang di mana, siapa, dan mengapa. Jadi, pada bagian ini akan dirincikan lagi jawabannya. Berbeda pada bagian orientasi yang hanya menjawab secara singkat.
  3. Re-orientation. Bagian terakhir ini berisi tentang penutup. Penutup pada Recount text ini biasanya berisi tentang simpulan dari semua kejadian runtut yang telah diceritakan sebelumnya.

Contoh dari recount text sendiri sebagai contoh sederhananya seperti pengalaman pulang sehabis liburan.

One day, my Mother and I had plans to go to my hometown. I was very happy to know that we were going to Kampung. My mother and I immediately prepared the clothes to bring. After that we both went to the train station to buy tickets. We both happy to be able to go to the village to stay in touch with relatives. The train ticket has a schedule, namely Sunday at 07.30 we have to go to the village. – Contoh Recount Text

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, Perbedaan Narrative Text dan Recount Text adalah, Narrative text dirangkai dengan tujuan untuk menghibur pendengarnya dengan memberikan cerita baik itu dongeng, mitos, dan sebagainya. Sedangkan Recount text merupakan cerita yang berisikan fakta kejadian yang sebenarnya terjadi.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Perbedaan Narrative Text dan Recount Text. Perbedaan sangat tampak bila kedua teks lebih ditelaah lagi mulai dari definisi, ciri, sampai strukturnya.

Tinggalkan komentar