Prestasi VR 46 di MotoGP Dan Pewaris Takhta Pilihan Valentino Rossi

Prestasi Rossi

Prestasi Rossi Sepanjang Kariernya di MotoGP

Pembalap asal Italia, Valentino Rossi pada akhirnya memutuskan untuk pensiun berasal dari ajang MotoGP. Pembalap yang berjuluk The Doctor ini memperlihatkan pensiun usai musim balap MotoGP 2021. Artinya, para pencinta MotoGP tak dapat menyaksikan lagi aksi Rossi di lintasan balap pada musim 2022.

“Saya dapat menyita ketetapan untuk tahun depan sesudah liburan musim panas, dan saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim,” ujar Rossi didalam sesi jumpa pers jelang berlangsungnya balapan MotoGP Styria, Kamis (5/8/2021).

Rumor Rossi dapat pensiun sesungguhnya sudah keluar sejak beberapa hari terakhir. Ini tak terlepas berasal dari pamor sembilan kali juara dunia itu di ajang MotoGP yang terus memudar. Bersama Petronas Yamaha, dia pun menjadi kalah berkompetisi bersama dengan pembalap MotoGP lainnya yang lebih ‘segar’.

Rossi memulai karier di ajang Grand Prix (GP) terhadap 1996 terhadap kelas 125 cc bersama dengan pabrikan Aprilia. Debutnya pertama kali di GP Malaysia dan meraih kemenangan perdana di GP Austria 1996.

Setahun kemudian, prestasi Rossi meningkat lumayan tajam. Di kelas 125cc, dia berhasil meraih 13 podium dan 11 kemenangan. Torehan ini mengantarkan Rossi sebagai juara dunia kelas 125cc bersama dengan keseluruhan 321 poin.

Masih bersama dengan Aprilia, terhadap 1998 Rossi naik ke kelas 250cc. Pada debutnya di kelas 250cc, Rossi berhasil naik podium 9 kali bersama dengan 5 kemenangan dan berhasil menjadi runner up di bawah Loris Capirossi, yang menjadi juara dunia.

Di musim keduanya di kelas 250 cc, The Doctor bergabung bersama dengan Aprilia Grand Prix Racing. Di musim tersebut, Rossi berhasil menjadi juara sebanyak 9 kali.

Prestasi yang diraih Rossi tersebut, rupanya memicu Honda kepincut untuk menggaetnya. Rossi pun akhirnya bergabung bersama dengan Tim Honda terhadap 2000 dan naik kelas ke GP 500cc.

Prestasi Rossi

Perjalanan Valentino Rossi bersama dengan Honda mampu dibilang sangat cemerlang. Dia berhasil menjadi juara dunia di MotoGP 2001, 2002, dan 2003.

Sayangnya, kebersamaan Rossi bersama dengan Honda harus berakhir terhadap 2004. Rossi memutuskan menyebrang ke Yamaha, sesudah berseteru bersama dengan direksi Honda. Bersama Yamaha, Valentino Rossi justru jadi menggila. Rossi mampu menyabet gelar juara dunia MotoGP 4 kali, yaitu selagi musim MotoGP 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Namun, karier Rossi tak melulu berlangsung mulus. Dia sempat terpuruk selagi ubah ke Ducati terhadap musim 2011 dan 2012. Setelah itu, dia termasuk lantas kembali ke Yamaha dan menemukan performanya kembali walaupun gagal untuk meningkatkan jumlah gelar.

Setali tiga uang, bersama dengan tim barunya Petronas Yamaha, Rossi termasuk tak lepas berasal dari keterpurukan terhadap paruh pertama MotoGP 2021. Dia pun akhirnya memutuskan untuk pensiun terhadap musim MotoGP 2022.

Sepanjang kariernya, The Doctor telah mengemas 115 kemenangan, 67 podium dua, 53 podium tiga, 65 pole position, 96 race fastest lap. Dengan capaian tersebut, dia berhasil meraih tujuh gelar juara dunia di kelas MotoGP, yaitu terhadap 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Jumlah gelarnya menjadi sembilan terkecuali menghitung gelar juara dunia kelas 125 cc dan 250 cc.

Eitss tapi jangan sedih ada empat pembalap jebolan Akademi VR46 yang dimiliki Rossi dipastikan akan terjun pada MotoGP 2022 Deretan pembalap tersebut adalah Francesco Bagnaia di tim pabrikan Ducati dan Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha.Selain kedua murid Rossi yang sudah berada di tim pabrikan, Luca Marini dan Marco Bezzecchi akan mengawal tim VR46 pada musim depan.Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli selama di pentas MotoGP telah membuktikan kapasitasnya sebagai pembalap hebat.Morbidelli misalnya. Dia pernah menjadi runner-up pada MotoGP 2020. Sementara Bagnaia meraih runner-up MotoGP 2021.

Dalam wawancara terakhir sebagai pembalap pada Minggu (14/11/2021), Rossi diminta untuk memberi tanggapan tentang siapa penerusnya.

Diucapkan oleh Rossi, juara dunia sembilan kali itu menjagokan salah satu antara Bagnaia dan Morbidelli bisa menjadi ikon baru MotoGP.

“Saya adalah pendukung berat semua pembalap kami dan tahun depan kami akan memiliki empat pembalap di MotoGP,” kata Rossi, dilansir BolaSport.com dari Crash.

“Franco dan Pecco dengan pabrikan Yamaha dan Ducati. Lalu Luca dan Bezzecchi dengan tim kami.”

“Saya pikir Pecco dan juga Franco bisa bertarung untuk kejuaraan dunia tahun depan dan saya berharap di antara mereka bisa datang sebagai superstar baru MotoGP,” tambahnya.

Penutup

Sekian artikel singkat tentang Prestasi Rossi mudah- mudahan bermanfaat ya panduan dari tuturilmu.com

Tinggalkan komentar